otakatikawas!

otakatikawas!

Tugas 4 : Saya dan Negara Qatar

|
Negara Qatar atau دولة قطر dalam bahasa Arab adalah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Batasnya di selatan adalah Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia.
Letak Negara Qatar



Gambaran masa Pra Sejarah Qatar

Penemuan terbaru di tepi sebuah pulau di Qatar bagian barat menunjukkan keberadaan awal manusia pra-sejarah di Qatar. Penemuan situs milenium 6 SM di Shagra, di Qatar tenggara mengungkapkan peran kunci laut (Teluk Persia) memainkan dalam kehidupan penduduk Shagra. Penggalian di Al-Khor di Qatar timur laut, Bir Zekrit dan Ras Abaruk, dan penemuan tembikar, batu api, alat-alat batu-scraper, dan kapal keramik yang dicat menunjukkan hubungan Qatar dengan peradaban Al-Ubaid yang berkembang antara Tigris dan Efrat selama periode 4-5SM. Ada juga sistem berbasis perdagangan barter antara pemukim di Qatar dan Ubaid Mesopotamia, di mana komoditi dipertukarkan terutama tembikar dan ikan kering.
Islam menaklukkan wilayah seluruh Arab di abad ke-7 dalam serangkaian konflik luas mengakibatkan Islamisasi orang-orang kafir Arab asli. Dengan penyebaran Islam di Qatar, Nabi Muhammad mengirim utusan pertama militernya Al Ala Al-Hadrami ke Al-Mundhir Ibn Al-Tamimi Sawa adalah penguasa Bahrain dimana wilayah kekuasaanya dari pantai Kuwait sampai selatan Qatar , termasuk pulau Al-Hasa dan Bahrain pada tahun 628, mengundang dia untuk menerima Islam sebagaimana mengundang kerajaan lain dan kerajaan pada saat itu seperti Bizantium dan Persia. Mundhir, menanggapi Muhammad dengan mengumumkan penerimaannya terhadap Islam, dan semua penduduk Qatar menjadi Muslim, menyuarakan awal era Islam di Qatar.

Sejarah

Pada abad pertengahan, Qatar lebih sering berpartisipasi dalam perdagangan di Teluk Persia- Samudera India. Banyak ras dan gagasan diperkenalkan ke semenanjung dari para pelaut dari Sindh, Afrika Timur, Asia Selatan dan Tenggara, serta kepulauan Malaya. Saat ini, jejak-jejak awal interaksi dengan dunia kelautan dari Samudera Hindia bertahan di ras minoritas kecil, bangsa, bahasa dan agama, seperti adanya Afrika dan Shihus.
Meskipun massa tanah semenanjung yang membentuk Qatar telah dipertahankan manusia selama ribuan tahun, sebagian besar sejarahnya, pada iklim kering hanya dipupuk dalam jangka pendek oleh pemukim suku-suku nomaden. Sampai tahun 1913, Semenanjung ini menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman.
Inggris awalnya mencari Qatar dan Teluk Persia sebagai titik perantara menuju kepentingan kolonial mereka di India, walaupun, penemuan minyak bumi dan hidrokarbon lain di awal abad 20 kembali memperkuat minat mereka. Selama abad ke-19, pada saat usaha formatif Britania ke kawasan itu, marga Al Khalifa Bahrain memerintah atas semenanjung Qatar utara dari pulau terdekat Bahrain di barat.
Meskipun Qatar memiliki status hukum dependensi, kebencian membusuk melawan Al Khalifa Bahrain di sepanjang pesisir timur semenanjung Qatar. Pada tahun 1867, Al Khalifas meluncurkan upaya yang sukses untuk menghentikan para pemberontak dari Qatar dengan mengirimkan kekuatan angkatan laut besar ke Al Wakrah. Namun, agresi Bahrain telah melanggar Perjanjian Anglo-Bahrain tahun1820. Respon diplomatik dari Inggris untuk pelanggaran ini menggerakkan kekuatan-kekuatan politik yang akan berakibat pendirian negara Qatar pada 18 Desember 1878 (untuk alasan ini tanggal 18 Desember dirayakan setiap tahun sebagai Hari Nasional Qatar). Selain mencela Bahrain untuk pelanggaran atas perjanjian tersebut, Protektorat Inggris (per Kolonel Lewis Pelly) diminta untuk bernegosiasi dengan perwakilan dari Qatar.
Permintaan itu dilakukan dengan diam-diam atas pengakuan status Qatar sebagai berbeda dari Bahrain. Qatari memilih negosiator mereka yang dihormati dan seorang pengusaha yang telah lama menjadi penduduk Doha yakni Muhammad bin Thani. Al Thani ambil bagian yang relatif kecil di kacah politik Teluk Persia, tetapi perampasan diplomatik memastikan partisipasi mereka dalam gerakan menuju kemerdekaan dan hegemoni mereka sebagai keluarga penguasa masa depan, sebuah dinasti yang berlanjut hingga hari ini. Hasil negosiasi meninggalkan Qatar dengan perasaan yang baru ditemukan dari kedirian politik, meskipun tidak dapat berdiri sendiri secara resmi sebagai protektorat Inggris sampai tahun 1916.
Jangkauan Kerajaan Inggris berkurang setelah Perang Dunia Kedua, terutama setelah kemerdekaan India pada tahun 1947. Tekanan untuk mundurnya Inggris dari emirat Arab di Teluk Persia meningkat pada tahun 1950, dan Inggris menyambut deklarasi kemerdekaan Kuwait pada tahun 1961. Ketika Britania pada tahun 1968 secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan melepaskan diri secara politik (namun tidak dalam perekonomian) dari Teluk Persia dalam waktu tiga tahun, Qatar bergabung dengan Bahrain dan tujuh lainnya dalam federasi Trucial State. Namun perselisihan di daerah memaksa Qatar untuk mengundurkan diri dan menyatakan kemerdekaan dari koalisi yang kemudian berkembang menjadi tujuh-emirat Uni Emirat Arab. Akhirnya, pada tanggal 3 September 1971, Qatar menjadi negara yang berdaulat dan independen.
Pada tahun 1991, Qatar memainkan peran penting dalam Perang Teluk Persia, terutama selama Pertempuran Khafji di mana tank-tank Qatar meluncur melewati jalan-jalan kota memberikan dukungan untuk api Saudi Arabian National Guard Unit yang bertempur melawan unit Angkatan Darat Irak. Qatar juga memungkinkan Koalisi pasukan dari Kanada untuk menggunakan negara tersebut sebagai pangkalan udara untuk meluncurkan pesawat pada tugas CAP.
Sejak tahun 1995, Emir Hamad bin Khalifa Al Thani telah memerintah Qatar, merebut kontrol negara dari ayahnya Hamad bin Khalifa Al Thani saat berlibur di Swiss yang kedua. Dibawah Emir Hamad, Qatar mengalami sejumlah liberalisasi sosial politik, termasuk dukungan hak pilih perempuan atau hak untuk memilih, penyusunan konstitusi baru, dan peluncuran Al Jazeera, sebuah stasiun berita yang mengoperasikan situs web dan saluran berita televisi satelit terkemuka berbahasa Inggris dan Arab.
Dana Moneter Internasional menyatakan bahwa Qatar memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia, diikuti oleh Liechtenstein. The World Factbook Qatar di peringkat kedua, kemudian diikuti Liechtenstein. Qatar menjadi markas dan salah satu tempat peluncuran utama invasi AS ke Irak pada tahun 2003.
Pada bulan Maret 2005, sebuah bom bunuh diri menewaskan seorang guru Inggris di Doha Players Theatre, mengejutkan sebuah negara yang sebelumnya tidak pernah mengalami tindakan terorisme. Pengeboman dilakukan oleh Omar Ali Ahmed Abdullah, seorang warga Mesir yang berada di Qatar, yang diduga mempunyai hubungan dengan Al-Qaeda di Semenanjung Arab.
Peta Negara Qatar


Perkembangan Politik


Strategi kebijaksanaan Nasional Qatar lebih banyak dipusatkan pada landasan dan format
nasional dengan ciri-ciri: bebas dan pragmatis. Hal ini terutama dimaksudkan karena Amir yang sekarang memperoleh kekuasaan melalui kudeta tidak berdarah terhadap ayahnya sendiri pada tahun 1995, karena dianggap banyak merugikan kepentingan negara dan rakyat Qatar. Untuk itu, Kepala Negara yang sekarang ingin menunjukkan era Qatar yang lebih maju dibandingkan era sebelumnya. Pola pergantian kepala negara seperti yang terjadi di Qatar merupakan hal yang "unik dan bertentangan" dengan kebiasaan yang berlaku di negara-negara GCC yang mempunyai sistim pemerintahan monarki.

Dalam perkembangannya, sejak Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani sebagai Amir Negara Qatar tahun 1995 menggantikan Ayahnya, Sheikh Khalifa bin Hamad Al-Thani yang diturunkan melalui kudeta tidak berdarah tersebut, Qatar telah banyak mengalami
perubahan dan kemajuan dibidang politik, ekonomi dan sosial. Dalam bidang politik yang menonjol antara lain adalah keputusan Qatar membuat UUD Tetap Qatar yang telah resmi diberlakukan mulai tanggal 8 Juni 2005, 2 kali menyelenggarakan pemilu Dewan Kotapraja, pemilihan Dewan Kamar Dagang dan Industri, serta akan dibentuknya parlemen yang sebagian besar keanggotaannya dipilih secara langsung.






Langkah tersebut sebagai implementasi dari upaya Qatar selama ini untuk memperkuat dan mewujudkan kehidupan demokrasi dengan mengikutsertakan rakyat dalam pengambilan
berbagai keputusan. Dalam kaitan tersebut, Qatar juga merupakan salah satu pelopor
diantara Negara-negara Teluk lainnya yang memberikan hak politik lebih luas bagi kaum
wanitanya untuk dapat dipilih dan memilih dalam pemilu-pemilu tersebut. Pemilu Dewan
Kotapraja yang telah diadakan Qatar bulan Maret 1999 adalah merupakan awal dari
rencana Pemilu Parlemen. Pemilu untuk memilih anggota Dewan Kota Praja kedua
diadakan pada tahun 2004 dan berhasil mendudukkan seorang wanita menjadi anggotanya. Direncanakan pada pertengahan tahun 2006 mendatang, satu tahun setelah
diberlakukannya UUD yang baru, Qatar akan mengadakan pemilu untuk memilih anggota parlemen.



Perkembangan lainnya yang menonjol akhir-akhir ini adalah upaya Qatar dalam
memperkuat pemerintahannya melalui pembentukan Lembaga-lembaga Negara dan
reshuffle terbatas Kabinet dan sejumlah Pejabat Tinggi. Amir Qatar, Sheikh Hamad bin
Khalifa Al-Thani tanggal 22 Juli 2000 telah mengeluarkan Dekrit Amiri tentang pengangkatan Sheikh Dr. Muhamad bin Eid Al-Thani sebagai Menteri Negara. Sebelumnya sejak September 1991, Dr. Muhamad bin Eid Al-Thani menjabat sebagai Ketua Badan Umum Pemuda dan Olah Raga, dan pada tanggal 12 Juli 2000 telah diangkat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Keluarga yang Berkuasa di Qatar. Dr. Muhamad bin Eid Al-Thani telah berkunjung ke Indonesia tanggal 10 Mei 2000 sebagai Utusan Khusus Amir Qatar dalam rangka menyampaikan Undangan Resmi kepada Presiden RI untuk menghadiri KTT OKI ke- IX di Qatar bulan Nopember 2000.


Selain itu, pada tanggal 12 Juli 2000, Amir Qatar mengeluarkan Dekrit No.1 tahun 2000
tentang pembentukan Dewan Keluarga Yang Berkuasa dipimpin oleh Amir sendiri dan
sebagai Wakil Ketua adalah Putra Mahkota dengan nama “Dewan Keluarga”. Sedang
keanggotaanya terdiri dari 12 orang dari Keluarga Yang Sedang Berkuasa di Qatar, dan
pengangkatannya melalui Keputusan Amir. Dewan Keluarga tersebut juga mempunyai
Sekretaris Jenderal yang diangkat oleh Amir, yang tugasnya menjalankan urusan Dewan.
Pada awal pertemuannya telah memilih Wakil Sekretaris Jenderal yang melakukan tugasnya apabila Sekretaris Jenderal berhalangan. Keanggotaan Dewan Keluarga adalah hanya suatu kehormatan dan biak Sekretaris Jenderal maupun Anggota Dewan tidak mendapatkan fasilitas apapun.

Tugas-tugas Dewan Keluarga antara lain menangani semua masalah yang berhubungan
dengan urusan Keluarga Yang Sedang Berkuasa dan membahas hal-hal yang berkaitan
dengan Keluarga yang disampaikan oleh Ketua. Dalam kaitan tersebut, Amir Qatar telah
mengeluarkan Dekrit No.34 tahun 2000 tentang pengangkatan Sekretaris Jenderal dan
Anggota Dewan Keluarga untuk masa 5 tahun dan dapat diperpanjang sesuai Keputusan
Amir.

Pada tanggal 13 Desember 2000, Amir Qatar dengan Dekrit No.58 tahun 2000 telah
membentuk Dewan Tertinggi Investasi Kas Cadangan Negara yang susunan organisasinya adalah sebagai berikut:


Ketua: Amir Qatar
Wakil Ketua : Putra Mahkota
Anggota: - Perdana Menteri
- Menteri Luar Negeri


Kota Doha, ibukota Qatar


Ekonomi

Awalnya, ekonomi Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara namun industri mutiara jatuh setelah munculnya mutiara yang dibudidayakan dari Jepang pada tahun 1920-an dan 1930-an. Transformasi ekonomi terjadi pada tahun 1940-an, yaitu pada masa penemuan simpanan minyak bumi. Sekarang, pemasukan utama Qatar adalah dari ekspor minyak dan gas bumi. Simpanan minyak negara ini diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³).
Untuk beberapa tahun ke depan, Qatar diperkirakan akan tetap fokus pada minyak dan gas bumi, namun sudah mulai mengembangkan sektor swasta. Pada 2004, Qatar Science & Technology Park dibuka untuk menarik dan melayani berbagai usaha berbasis teknologi, baik dari dalam maupun luar Qatar.
Dengan PDB per kapita nomor 2 tertinggi di dunia dengan perkiraan tahun 2008 sekitar $111.000yang menjadikannya sebagai negara dengan taraf hidup penduduknya bisa disamakan bahkan lebih maju dibandingkan negara-negara Eropa Barat dengan berbagai layanan sosial dan fasilitas modern.

Sumber :           www.wikipedia.org
                        http://artapp.net/PROFIL-NEGARA-QATAR.html
                        http://permiqa.org

1 comments:

{ Unknown } at: June 30, 2017 at 10:15 PM said...

WhatsApp 085 244 015 689
Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D

Post a Comment

 

Design modified by mugimunteng | Basic Design by Dzignine in Collaboration with Trucks, SUV, Kidney Stones