otakatikawas!

otakatikawas!

Perjalananku 16 tahun...

|
Periodesasi Farid Azianto XI IPA 1

1994: Lahir di Jakarta, RS Muhammadiyah
1998: MAsuk TK AL-Azhar Bintaro
2000: Lulus TK, Masuk SD Al-Azhar Bintaro
2006: Lulus SD, Masuk SMP Al-Azhar Bintaro
2009: Lulus SMP, Masuk SMA Labsky
2012: Lulus SMA Labsky
2013: Masuk Akademi Penerbangan

Perjalanan Hidup saya…
1994-2000


Awal kehidupan saya dimulai sejak 25 oktober 1994. Lahir di rumah sakit Muhammadiyah, Taman Puring hari jum’at pada pukul 12 malam. Proses persalianan cepat karena Ibu saya banyak bergerak mondar-mandir mengantar kakak-kakak les.  Saya terlahir dengan berat 3.3kg dan panjang 48cm. Saya dikandung selama kurang dari 9 bulan. Alhamdulillah kelahiran ku lancar tidak terhambat dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya terlahir sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara. Saya berbeda 5 tahun dengan kakak tertua saya dan berbeda 3 tahun dengan kakak kedua saya. Dulu saya termasuk gemuk karena banyak makan dan pertumbuhan ku cepat , seperti pada umur 10 bulan saya sudah bisa jalan
Pada umur setahun, saya sudah bisa jalan. Kebanyakan anak kecil yang lain saya suka sekali mainan. Oleh karena itu saya selalu meminta mainan kepada orang tua sampai suatu hari orang tua saya jengkel karena saya selalu meminta mainan setiap hari. Saya sempat ditinggal di toko tempat saya biasa dibelikan mainan. Saya masih ingat bahwa saya dulu sering di bacakan dongeng tentang beruang setiap kali saya hendak tidur.  1996, umurku sedah 2 tahun. Pada masa tersebut saya terjadi kerusuhan yang terjadi pada partai polotik PDI Perjuangan . Tepat pada tanggal 27 juli 1996 Dikantor PDIP yang terletak di jalan diponegoro kerusuhan untuk memperebutkan kantor pengurus itu terjadi. Perebutan terjadi antara partai PDI dipimpin oleh suryadi oleh tandingannya PDIP dengan Megawati sebagai pimpinannya. Dan pada tahun ini juga, awal tahun 1996, Mission Aviation Fellowship cabang Wamena melaporkan kepada Kodim Jayawijaya, Irian Jaya, bahwa sejumlah peneliti yang tergabung dalam Ekspedisi Lorentz 95 disandera oleh OPM kelompok Kelly Kwalik, di desa Mapenduma, kecamatan Tiom, Jayawijaya.
Ekspedisi itu sendiri sudah berada di Mapenduma, sekitar 160 km di barat daya Wamena, sejak tanggal 18 November 1995. Penyanderaan itu berhasil diatasi oleh TNI, yang mayoritas dari Kopassus. Waktupun berlalu dengan cepat waktu itu kondisi di Indonesia tidak menentu karena Indonesia memasuki tahap krisis moneter. Badan pengendalian hukum digunakan oleh elit politik, banyak penyuapan dimana-mana karena mungkin saat itu kekuasaan dan uang lah yang berkuasa. Memasuki tahun 1998 di bulan Mei, terjadilah reformasi di negeri ini, yaitu kemunduran soeharto di bulan mei sehingga berakhirnya pula masa ordebaru. Banyak terjadinya kerusuhan ketika masyarakat ingin menggulingkan soeharto, kebakaran, demo dan penjarahan toko-toko terjadi dalam penggulingan presiden ke dua RI itu.
Masa kecil ku atau saat aku TK saya memiliki pengalaman unik, seperti karena sudah dijelaskan diatas saya sangat suka sekali mainan saya pernah di akali dengan mainan saya di ambila oleh orang tua saya dan di masukan ke kardus mainan yang terlihat baru. Jadi yang ada dalam kardus mainan tersebut adalah mainan yang sudah saya miliki. Masa kecil saya pun saya senang akan hal yang baru dan saya agak sedikit bandel. Saya pernah pergi ke belakang rumag saya, kebetulan sehabis hujan maka air dalam saluran air deras, maka saya berenang di saluran tersebut, oleh karena itu saat saya pulang dirumah saya pun langsung dapat marah oleh orang tua saya. Badan saya pun kotor karena berenang di saluran tersebut. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.

2000-2006


Meninggalkan masa balita saya memasuki umur 6 tahun. Kondisi Indonesia saat itu dipimpin oleh Megawati Soekarno Putrid an Hamzah Haz sebagai wakil presiden, putri dari presiden Sokerno yang dulunya sebagai presiden pertama Indonesia. setelah lulus dari TK saya yaitu TK Al-Azhar Bintaro, saya melanjutkan ke SD Al-Azhar bintaro. Saya masih ingat sewaktu saya mulai memasuki SD saya masih manja dengan orang tua saya. Awal pengenalan masa SD, mungkin masa orientasi SD saya dengan cara pengenalan pelajaran, penjumlahan dan lain-lain. Pada waktu itu bulan Juli saat saya baru memasuki sekolah dasar. Saat itu juga mantan presiden kita Abdurrahman Wahid berangkat ke Baltimore, Maryland, AS untuk perawatan medis. 31 Juli Mahkamah Agung mengatur bahwa tuntutan terhadap partai Golkar (yang akan menyebabkan pembubaran partai) harus turun. Bulan pun berganti 1 bulan kemudian terjadi hal-hal seperti pada tanggal 1 Agustus 2001, terjadi pengeboman di pusat perbelanjaan Atrium senen. Bulan ini juga, bulan memperingati hari jadi RI, bertepatan dengan hal tersebut presidan Megawati memintamaaf kepada penduduk Aceh dan Papua Barat untuk pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu. Tetapi hal yang sebaliknya terjadi di Aceh, Kekerasan di Aceh selama perayaan Hari Kemerdekaan termasuk kerusuhan luas dan beberapa pemboman dan kematian. Empat bank dibom, sebanyak 60 sekolah dibakar. 29 Agustus Kapten dan lima awak kapal Ocean Silver yang disandera di Selat Malaka oleh anggota Gerakan Aceh Merdeka
Bulan Agustus berganti menjadi bulan September saya pun mulai  beradaptasi dengan lingkungan sekolah mulai mengenali teman teman saya, banyak teman teman saya yang juga dari TK Al-Azhar Bintaro. Pelajaran pun mulai mengerti. Pada bulan ini juga pada 18 September Presiden Megawati tiba di Washington pada kunjungan kenegaraan. Tragedi 11 September serangan teroris terhadap Amerika Serikat Amerika Serikat dan Indonesia sepakat untuk mengembalikan beberapa hubungan militer yang sebelumnya telah dibatalkan atas masalah Timor Timur. AS juga menjanjikan lain US $ 150 juta bantuan untuk Indonesia untuk mendukung reformasi hukum, rekonstruksi dan bantuan pengungsi di Maluku dan Aceh, dan pelatihan polisi. Memasuki bulan Oktober, saya berulang tahun dan saya memasuki umur  7 tahun . kehidupan pun berjalan normal tidak ada sesuatu yang menjanggal.
November 2001, memasuki bulan ke lima saya bersekolah SD sudah merasa nyaman dengan lingkungan baru. Dulu sekolah saya masuk 6 hari dalam seminggu, yaitu dari senin hingga hari sabtu. Di sekolah saya dulu pun juga diajarkan pramuka, pelajaran bagaimana mencintai tanah air. Dan pada bulan November ini pun negara ASEAN dan China sepakat untuk membentuk zona perdagangan bebas regional dalam waktu sepuluh tahun. November 11 Theys Eluay, pemimpin gerakan kemerdekaan untuk Papua (Irian Jaya), ditemukan tewas di sebuah kota timur Jayapura. Mayatnya ditemukan dalam jatuh kendaraan dengan plat nomor polisi, dan menunjukkan tanda-tanda pemukulan. Tersebar kerusuhan pecah di sekitar Jayapura. Keesokan harinya, pejabat TNI di Jakarta menyangkal bahwa Angkatan Darat terlibat dalam pembunuhan Theys Eluay. Pada November ini juga Indonesia menawarkan diri untuk mengirimkan pasukannya ke Afghanistan. November 26, Sebuah laporan yang dikeluarkan setelah pertemuan antara anggota Majelis dan Menteri Keuangan Boediono menyatakan bahwa sebanyak 40 persen dari dana yang ditujukan bagi pemerintah daerah yang disalahgunakan. Wakil Presiden Hamzah Haz meminta penyelidikan hari berikutnya.
Akhir tahun 2001, banyak aksi teroris yang beredar karena pengaruh Osama bin Laden. Dan juga muncul masalah tentang bulog, pada 11 Desember Mantan Presiden Habibie, di Jerman, dipertanyakan oleh jaksa Indonesia mengenai penyelidikan dana Bulog. Habibie mengatakan kepada mereka bahwa ia memerintahkan Akbar Tanjung untuk mengucurkan Rp 40 juta dalam bantuan pangan kepada masyarakat miskin pada bulan Februari 1999, tetapi tidak pernah menerima laporan kembali pada pengeluaran. Walaupun Indonesia menghadapi banyak masalah, mungkin itu hanya proses pengembangan Negara yang setelah reformasi.

2002, tahun baru kejadian sekitar yang terjadi di Indonesia seperti 2 Januari Pemerintah mulai melembagakan kenaikan harga listrik, produk minyak, dan layanan telepon. 17 Januari Fathur Rohman, seorang warga negara Indonesia, ditangkap di Manila sehubungan dengan pemboman teroris fatal ada pada bulan Desember 2000. Dia mengaku menjadi anggota kelompok teroris Jemaah Islamiyah. Penangkapan polisi Filipina mengarah ke sebuah rumah di General Santos, Mindanao, berisi lebih dari satu ton bahan peledak. Dia kemudian mencoba dan dinyatakan bersalah. 20 Januari konferensi PKB di Yogya membuka keanggotaan partai ke orang-orang yang bukan anggota Nahdlatul Ulama, termasuk non-Muslim. 22 Januari Tentara pasukan keamanan menyerang markas Gerakan Aceh Merdeka di perbukitan dekat Pidie, Teungku Abdullah Syafi'e, pemimpin GAM, dibunuh
2 Februari pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka memulai babak baru perundingan di Jenewa.
1 Maret, Winfried Simatupang, salah satu tersangka dalam penyelidikan Bulog sedang berlangsung, kembali Rp 32 miliar dari dana yang hilang, dan menawarkan untuk kembali sisanya, bertentangan dengan pernyataan sebelumnya bahwa uang tersebut telah dihabiskan untuk membeli bantuan pangan untuk miskin. Bom Bali terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002 di kota kecamatan Kuta di pulau Bali, Indonesia, mengorbankan 202 orang dan mencederakan 209 yang lain, kebanyakan merupakan wisatawan asing. Peristiwa ini sering dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia. Dengan demikian karena hal tersebut dibentuklah Detasemen 88, yaitu detasemen yang di bawah komando Polri, dan mendapatkan latihan khusus dari Amerika. Angka 88 didapat dari jumlah warga Negara Australia yang tewas pada bom bali.

            Beberapa orang Indonesia telah dijatuhi hukuman mati karena peranan mereka dalam pengeboman tersebut. Abu Bakar Baashir, yang diduga sebagai salah satu yang terlibat dalam memimpin pengeboman ini, dinyatakan tidak bersalah pada Maret 2005 atas konspirasi serangan bom ini, dan hanya divonis atas pelanggaran keimigrasian.
Hari hari pun berlanjut dengan normal memeasuki tahun 2003, saat itu saya kelas 3 yaitu saya waktu itu menempati kelas 3A. kejadian yang terjadi disekitar seperti Pemerintah menaikkan harga BBM sebesar 22%, tarif telepon sebesar 15% dan tarif listrik sebesar 6% di bawah tekanan dari IMF dan organisasi bantuan finanical, 21 Januari Indonesia mendapat US $ 2,8 miliar dalam bentuk pinjaman dari kelompok negara donor CGI, setelah konferensi di Bali. Secara umu hala yang paling menyita perhatian dunia tahun 2003 adalah saat Pengeboman Jakarta 2003 (disebut juga Pengeboman JW Marriott 2003) adalah peristiwa ledakan bom di hotel JW Mariott di kawasanMega Kuningan, Jakarta, Indonesia pada pukul 12.45 dan 12.55 WIB tanggal Selasa, 5 Agustus 2003. Ledakan itu berasal dari bom mobilbunuh diri dengan menggunakan mobil Toyota Kijang dengan nomor polisi B 7462 ZN yang dikendarai oleh Asmar Latin Sani. Ledakan tersebut menewaskan 12 orang dan mencederai 150 orang. Akibat peristiwa itu, Hotel JW Marriott ditutup selama tiga minggu dan setelah melakukan operasi perlengkapan mulai reopened menyelesaikan renovasi kembali tanggal Jumat, 22 Agustus 2003. Aksi terror bom juga terjadi di bandara Soekarno-Hatta Jakarta  pada April 2003.
Tahun 2004, saya naik kelas ke kelas 4 yaitu 4B, pelajaran terasa mulai sulit, mungkin karena belum terbiasa. Mata pelajaran pun mulai bertambah seperti adanya pelajaran IPA dan IPS. Jam pelajaran di sekolah juga bertambah jika dulu saat saya kelas 1 hingga 3 saya pulang sekitar jam 12 saat kelas 4 saya pulang jam 2. Tetapi itu mulai terbiasa jika sering dilakukan. Setiap tahun banyak sekali kejadian yang timnul di Negara kita tercinta, Indonesia seperti diadakannya Pemilu(Pemilihan Umum) untuk menentukan presiden dan wakil presiden maka terpilihlah Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden dan Jusuf Kalla sebagai wakilnya.
2005, memasuki kelas 5 yaitu kelas 5A, sama seperti kelas 4 tidak banyak yang berubah. Pada tahun ini ada beberapa kejadian seperti Pada Jumat (8 April 2005) pagi, Kapal Republik Indonesia Tedong Naga (Indonesia) menyerempet Kapal Diraja Rencong (Malaysia) sebanyak tiga kali di perairan Karang Unarang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Kejadian ini dimulai Insiden penyerempetan kedua kapal ini merupakan bagian dari pertikaian perbatasan di kawasan Ambalat yang kaya minyak dan gas. Petronas, perusahaan minyak Malaysia, secara sepihak memberikan konsensi kepada perusahaan minyak Shell di Blok Ambalat (Malaysia mengenalnya sebagai Blok XYZ). Malaysia mengklaim wilayah Ambalat adalah miliknya, menurut peta yang diterbitkan pemerintah Malaysia tahun 1979. Peta tersebut memicu protes dari berbagai negara tetangganya, termasuk Indonesia.
Indonesia memprotes klaim sepihak itu dan memperketat keamanan di perairan Ambalat dengan menempatkan sejumlah kapal perang. Kemudian Indonesia juga merencanakan pembangunan mercusuar di Karang Unarang supaya lebih memperkuat kedaulatannya di sekitar perbatasan itu. Beberapa kali kapal perang Indonesia berhadapan dengan kapal perang Malaysia di perairan Karang Unarang. Puncak ketegangan adalah insiden penyerempetan ini.
Memasuki tahun 2006 saya memasuki kelas 6 yaitu kelas 6C. pada kelas akhir dari sekolah dasar ini kami mempersiapkan agar lulus ujian.Tidak terasa satu tahun di kelas 6 ini sudah berjalan setengah tahun. Saya pun mulai berpikir, teman-teman saya selama 6 tahun bersama mungkin ada yang dari TK saya bersama mereka apakah saya akan bersama merka lagi dimasa yang akan datang? SMP? Mungkin sudah sewajarnya karena ada awal pasti ada akhir, sama dengan kondisi waktu itu. Semasa saya selesai TK saya tidak memikirkan sampai hal tersebut karena saya masih kecil belum banyak berpikir. Hidup berjalan terus terasa lama tetapi sesungguhnya akan terasa cepat jika kita melihat kebelakang. Terjadi juga hal yang menggemparkan jawa khususnya Yogyakarta. peristiwa gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Gempa bumi tersebut berkekuatan 5,9 pada skala Richter. Selepas dari hal yang menggemparkan tersebut, Alhamdulillah saya lulus SD dan melanjutkan ke SMP Al-Azhar Bintaro. Berakhirlah sudah masa pendidikan sekolah dasar saya

2007-sekarang

            Tahun 2007 saya kelas 7 atau kelas satu SMP. Saya menempati kelas 7A. Suasana baru dirasakan karena ini baru pertama kalinya saya mengikuti kegiatan MOS(masa orientasi siswa). Sedikit kaget dengan kegiatan in tapi beruntung hanya 3 hari. Tahun ini terjadi Gempa bumi Jawa Agustus 2007 adalah gempa bumi dengan kekuatan 7,5 pada Skala Richter terjadi pada 9 Agustus 2007 di hampir sebagian besar pulau Jawa, sebagian kecil pulau Sumatera dan Bali. Gempa bumi ini juga dapat dirasakan di beberapa wilayah di Malaysia. Pusat gempa terletak pada kedalaman 290 km di bawah permukaan laut 75 km barat kota Indramayu, Jawa Barat. 2008, memasuki kelas 8B, saya memasuki kelas Homogen. Artinya, kelas saya berisis anak yang memiliki rata-rata diatas anak pada umumnya seperti kelas khusus. Tetapi bagi saya tidak beda dengan kelas yang lain, sama saja. Kelas 8 ini saya merasa lebih nyaman mungkin karena sudah biasa. 2008 ini juga, Indonesia berharap kepada bulutangkis pada Thomas & Uber cup 2008. Euphoria akan kemenangan dan membawa piala tersebut sangat tinggi. Rakyat sangat bangga dengan tim bulutangkis kita. Apakah kejadian yang dialami Indonesia pada tahun 2002 akan terulang lagi yaitu piala tersebut dapat kita bawa pulang atau tidak. Mungkin belum waktunya Indonesia menjadi juara lagi tapi dengan kejadian seperti ini bulutangkis menjadi lebih diperhatikan karena Indonesia hanya menjadi runner up dalam piala tersebut.
2009, memasuki kelas 3 SMP akhir dari masa menengah pertama saya awal semester 1 saya masih bisa santai. Begitu memasuki semester 2, tidak bisa saya santai lagi karena ada 2 hal yang harus dicapai: lulus UAN dan diterima di SMA. Semester 2 saya jalani dan akhirnya memasuki saat yang menentukan yaitu saat penerimaan siswa baru SMA. Saya dulu sangat ingin memasuki SMA Al-Azhar 1 pusat. Sayangnya, karena saya menghadapi tes tersebut kurang persiapan dan kurang pengalaman mengikuti tes saya pun gagal diterima. Saya sangay kecewa dengan hasil tersebut. Akhirnya saya memantapkan hati dan tekad agar saya bisa diterima di SMA labschool kebayoran. Peluangnya memeng tipis dan persiapan pun hanya seminggu. Tetapi, seminggu itu saya gunakan sebai-baiknya. Buku latihan dari Labschool saya kerjakan hingga habis satu buku. Alhasil, Alhamdulillah saya diterima di Labschool Kebayoran. Ternyata berkat latihan menghadapi tes di Labschool, saya menjadi mudah memahami soal-soal latihan UAN, karena soal latihan dari Labschool banyak mengambil materi dari UAN. Waktu pun berjalan akhirnya UAN datang, dan hasilnya Alhamdulillah saya lulus UAN dan SMP.
2010, memasuki lingkungan yang benar-benar baru yaitu SMA. Saya baru pertama kali ini menginjakan kaki di sekolah ini. Memulai yang segalanya baru sangat sulit bagi saya membiasakan diri. Tapi saya jalani dengan pelan-pelan hingga terasa nyaman. Saya mulai berpikir, bahwa menyesuaikan diri harus dimulai dari sekarang agar di masa depan dalam dunia pekerjaan mudah dalam penyesuaian. Saya pada kelas X ini harus beradaptasi dengan gaya belajar saya yang baru agar saya dapat memasuki kelas IPA. Pada tahun ini juga angkatan 9 terbentuk dengan nama Nawa Drasta Sandya Dhira(NAWASTRA). Akhir 2010, Indonesia mengejutkan dengan tim Garudanya. Timnas bola Indonesia seperti memberikan harapan baru kepada masyarakatnya sebagai juara baru dalam piala AFF 2010. Perjalanan Indonesia mulus sampai final dengan gelar tak terkalahkan. Tetapi saat final, Indonesia tampil kurang baik akhirnya gelar yang sangat diharapkan Timnas beserta seluruh masyarakat dari sabang sampai merauke tidak dapat diraih. Tetapi kita harus mengambil sisi positifnya dari setiap kejadian. PSSI harus diubah secara total jika dimasa yang akan datang Indonesia ingin mendapatkan gelar juara di sepakbola-nya. Semoga dengan hal tersebut timnas Indonesia menjadi juara di setiap pertandingan. Memasuki 2011, saya sudah separuh dari satu tahun di kelas 11. Dikelas 11 angkatan kami berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya sebagai tugas studi lapangan. Seperti AAU, Keraton, PT SRITEX, Prambanan, Sendra tari Ramayana, dll. Tidak terasa hari berjalan dengan cepat mendekati akhir dari masa kelas 11.  Tahun 2011, muncul gejolak dari Negara timur tengah. Pemberontakan terjadi di beberapa Negara seperti Mesir, Libya, Yaman, Tunisia. Indonesia juga mengalaminya tetapi sudah 12 tahun yang lalu.
Masa yang akan datang
            Di masa yang akan datang, saya ingin menjadi penerbang. Saya lebih memilih memasuki akademi dibandingkan masuk perguruan tinggi. Dan, menjadi penerbang adalah cita-cita saya dari saya SD. Semoga cita-cita saya tercapai, tetapi saya hanya bisa berusaha karena Allah lah yang menentukan yang terbaik bagi kita semua.

"Jika kau punya cita-cita, tekuni dan sungguh-sungguh dalam menjalaninya" (Ibu)













2 comments:

{ Unknown } at: May 15, 2015 at 5:52 AM said...

I like it at your blog :)

Anonymous at: August 6, 2018 at 10:34 PM said...

:D

Post a Comment

 

Design modified by mugimunteng | Basic Design by Dzignine in Collaboration with Trucks, SUV, Kidney Stones