otakatikawas!

otakatikawas!

Menunggu Sejak 1976 - Tank Ringan M3A1 Stuart

|

M3/M5 Stuart adalah tank ringan buatan AS yang banyak digunakan dalam Perang Dunia II. Dengan jumlah total produksi mencapai sekitar 25.000 unit, tank ini digunakan oleh oleh negara-negara Sekutu dan bertempur di semua front Perang Dunia II, mulai dari Eropa Barat, Afrika Utara, Eropa Timur, sampai front Pasifik. Pasukan Inggris menjuluki tank ringan ini Stuart yang diambil dari nama James Ewell Brown “Jeb” Stuart, seorang jenderal pasukan konfederasi dalam Perang Saudara AS.

Tank Ringan M3
Melihat peristiwa di Eropa, desainer tank Amerika menyadari bahwa tank ringan M2 menjadi usang dan mulai memperbaiki hal itu. Pengembangan desain, dengan pertahanan yang lebih tebal, modifikasi suspensi, dan sistem senjata recoil baru itu disebut "tank ringan M3". Produksi kendaraan dimulai pada Maret 1941 dan dilanjutkan sampai Oktober 1943.Seperti pendahulunya itu M2A4, M3 itu bersenjata dengan senapan 37 mm M5 dan lima senapan mesin Browning M1919A4 kaliber 30: koaksial dengan pistol, di atas menara di AA M20 mount, dalam bola mount di busur kanan, di kanan dan sponsons lambung kiri.
Di bagian dalam, mesin radial terletak di bagian belakang dan transmisi berada di depan. Di bagian tengah, terdapat pipa yang menyambungkan mesin dengan transmisi. Selain itu, penambahan “lantai kubah” semakin mempersempit ruang untuk crew.  Untuk meringankan kebutuhan untuk mesin-aero radial yang digunakan dalam M3, versi baru ini dikembangkan menggunakan mesin mobil Cadillac V8 kembar dan transmisi Hydra-Matic. instalasi tersebut menghasilkan varian yang lebih tenang, dingin, lapang, dan lebih mudah untuk melatih pada versi otomatis.

Tank M5 perupakan pengembangan lebih lanjut dari Tank M3.

Tank Ringan M5
Tank Ringan M5  adalah modifikasi dari tank M3 dengan mesin yang lebih baru dan pertahanan yang lebih baik. Pada tahun 1941 terjadi kekurangan pasokan mesin radial sehingga diputuskan untuk mencari mesin alternatif untuk digunakan di tank. Mesin yang digunakan di M5 adalah 2 buah mesin Cadillac yang memiliki 2 buat transmisi untuk setiap mesin. Semua sambungan dibuat dengan cara di las, dan plat glacis dibuat lebih miring dan dimajukan untuk memberikan ruang lebih bagi pengemudi. visi langsung untuk pengemudi adalah melalui dua lubang intip yang ditutup dengan sumbat baja terpasang dengan rantai. Kubah M5 sama dengan yang dipakai di tank ringan M3A1. M5 awalnya dikenal sebagai M4 tetapi diganti menjadi M5 untuk menghindari kebingungan dengan tank M4 Sherman. Inggris menyebut tank M5 sebagai Stuart VI. Fitur utama yang membedakan antara tank ringan M5 dan M3A3 adalah sisi lambung dan dek belakang. M5 memiliki dek belakang yang lebih tinggi untuk mengakomodasi mesin Cadillac kembar dan sisi lambung vertikal, sedangkan M3A3 memiliki sisi miring lambung atas dan dek mesin datar.

Data Tank M3A1 Stuart yang ada di museum Satria Mandala
Negara asal            : Amerika Serikat
Mesin                    : Continental, 7 silinder, 250 tenaga kuda
Berat                     : 13 ton (dengan perlengkapan)
Ukuran                  : Panjang 4,52m
                                Lebar 2,24m
                                Tinggi 2,64m
Kecepatan maks    : 50 km/jam
Awak                    : 4 orang
Persenjataan          : 1 pucuk meriam caliber 37mm
                                1 pucuk mitraliur 7,62mm coaxial
                                1 pucuk mitraliur 7,62mm haluan
                                1 pucuk mitraliur 7,62mm penangkis serangan udara
                                1 pucuk pistol mitraliur, dipasang di belakang pengemudi sebelah kiri
 Lapis baja              :


Kubah
Badan
Dasar
Depan
10 mm
8 mm
10 mm


10 mm

Belakang

10 mm
2 mm
Atas

10 mm

Sisi

10 mm

Kutub

10 mm

Depan



Lainnya

10 mm


Sumbangan           : TNI AD

Sejarah Singkat
1949   : Diterima dari Belanda
1950   : Menumpas pemberontakan RMS
1950   : Menumpas Pemberontakan DI/TII di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi      Selatan sampai tahun 1965
1958   : Menumpas PRRI di Sumatera dan permesta Sulawesi Utara
1965   : Menumpas G30S/PKI
1976   : Diabadikan di museum Satria Mandala





0 comments:

Post a Comment

 

Design modified by mugimunteng | Basic Design by Dzignine in Collaboration with Trucks, SUV, Kidney Stones