otakatikawas!

otakatikawas!

Enam Peluru Sang Baret Merah

|


Jumat siang itu aku menyempatkan waktuku untuk pergi ke Cijantung, sebuah kota sebelah Tenggara dari Jakarta Pusat. Tempat di mana aku bisa mewawancarai seorang tokoh sejarah sekaligus pelaku sejarah. Dia tinggal di perumahan Kopasus Cijantung, berpintu masukkan persis di depan Mall Cijantung. Kala itu waktu menunjukkan pukul 12 kurang 5 menit, saat aku sampai di sana sambil disambut baik oleh keluarganya, yang juga saudara dari pihak ayahku. Namun tak terlihat batang hidungnya, kutanya Uwa (panggilan untuk yang lebih tua dalam bahasa Sunda, RED) Asih, dia sudah pergi ke masjid untuk sholat Jumat. Karena waktu memang memanggilku untuk beribadah, lhasil, aku pergi meninggalkan tas dan plastik berisikan gudeg yang kubeli di warung jalan, sebagai tanda bertamuku di rumahnya, dan pergi sebentar untuk sholat Jumat.


Hari itu terasa panas, suhu saat itu mungkin 39 derajat celcius. Seusai sholat Jumat, kembali tak terlihat batang hidungnya keluar dari Musholla. Padahal aku ingin menyapanya dan berjalan bersama ke rumahnya, bercengkrama seperti adegan film mungkin. Apa boleh buat, sambil beralaskan sandal hitam yang kupinjam dari keluarganya, aku kembali ke rumahnya, mungkin dia sudah pulang terlebih dahulu.

“ Dreppp ,“ bunyi kakiku di depan pintu gerbang rumahnya yang berwarna hitam, saat itu juga aku disambut beliau dengan berbajukan koko hijau yang melihatku. Aku bersalaman dengannya, tapi dengan gaya hormat, tak sembrono di depan pahlawan itu. “Apa kabar Wa? ,“ Bilangku kepadanya. “ Wah dah gede Aa Ugi,yok masuk-masuk ,” jawabnya berkata dengan senyum khas perjuangan ’45. Beliaulah Uwa Om, panggilan keluarga besar kami untuknya. Aku dan beliau tergolong bersaudara, karena istri beliau adalah kakak dari ayahku. Yap, saudaraku adalah pahlawan, pelaku serta tokoh sejarah. Kulihat beliau, masih segar dengan muka berbahagia , tak kulihat raut wajahnya yang cemberut, seperti orang tua lainnya mungkin yang cemberut terkadang juga mengeluh dalam akhir hayat hidupnya. Tingginya sekitar 165 cm, lebih pendek dariku. Tapi badannya tegak, tak bongkok osteoroporosis atau bongkok seribu jenis lainnya. Masih tegak layaknya tentara yang sedang baris-berbaris. Rambutnya segar, wajahnya segar, badannya fit , terlintas sejenak dalam pikiranku “, Ini pasti buah dari perjuangannya sebagai Kopasus dulu! “. Beliau bernama Bapak Syafei Hamsyah. Bapak yang telah berumur 78 tahun itu adalah seorang pejuang veteran dari Kopasus angkatan 6, yang kala itu bernama RPKAD. Yang telah berjuang dalam kemerdekaan Indonesia, khususnya Orde Lama. Banyak cerita yang akan disampaikan oleh beliau, mengingat tujuanku di sini untuk mengobrol dengannya sekaligus wawancara dengan beliau. “ Ayo gi makan dulu ,” Cetus Uwa Asih, sang istri beliau, mengajakku dan beliau yang sedang berada di teras rumah untuk makan . Tak mungkin kutolak, bukan ? Apalagi mereka saudara saya, Hehe.

Setelah makan siang itu, kami bercengkrama di teras rumah. Bukan hanya aku saja yang berada di ruang teras, ada pula Mang Iyan, anak beliau, dan bapakku yang menemaniku menemui sang pahlawan. Disundutnya korek api pada sebatang rokok, Dji Sam Soe. Ditancapkannya pada sebuah gading gajah kecil, sebagai tempat untuk merokok, persis ala tentara yang digambarkan di novel-novel. Waktu kubilang aku mau mewawancarai beliau akan pengalamannya, dia tertawa geli mengingat masa lalu, mungkin. Mulai dia bercerita satu persatu pengalamannya, kami mendengarkan.


1.1 Habis merdeka? Siapa bilang sudah merdeka?

RPKAD

Perjalanan beliau sebagai Kopasus dimulai dari diterimanya Uwa Om pada pendidikan RPKAD. Kala itu RPKAD belum bernama Kopasus. Uwa Om sendiri berasal dari Kodam Kalimantan. Dari 256 tentara seluruh Kalimantan kala itu, hanya 6 yang diterima, termasuk beliau. “ Cuman 6 orang yang diterima, ketat itu! Haha, habis itu langsung ke Jakarta,” Ceritanya sambil menghisap rokok. Kopasus kala itu memang benar-benar pasukan yang baru. Ijon Jambi bersama A.H Nasution, termasuk orang yang mencetuskan berdirinya pasukan khusus itu, di mana kondisi Indonesia seperti ombak berombang-ambing, datang konflik dari sana sini. Ada lah pemberontakan, ada juga lah serangan Belanda.


Uwa Om Muda

Ijon Jambi

Uwa Om yang sampai di Jakarta, kemudian dikirim ke Jombang, waktu itu tempat latihannya bernama Batalion 2 Jombang. “ Sampai di sana, wah bingung ini! Kenapa baretnya merah-merah? ,” Cerita Uwa Om sambil mengekspresikan kebingungannya, tertawa geli beliau. Pendidikan RPKAD waktu itu juga masih dibina oleh Ijon Jambi. Seorang Belanda kelahiran Kanada, yang berperan dalam perjuangan Indonesia meraih kedaulatannya. “ Ijon Jambi yang ngebina, bahasanya otomatis Bahasa Belanda. Nah tapi kitanya gak ngerti tuh Bahasa Belanda,” bahasnya. Cuman 6 bulan pendidikan di Jombang, setelah itu? Pendidikan di medan perang, apa itu? Operasi DI/TII di Jawa Barat.



Sedikit flashback tentang gerakan Darul Islam, yang diberantas oleh operasi tersebut. Sekar Marijan Kartosuwiryo mendirikan Darul Islam (DI) dengan tujuan menentang penjajah Belanda di Indonesia. Akan tetapi, setelah makin kuat, Kartosuwiryo memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII) pada tanggal 17 Agustus 1949 dan tentaranya dinamakan Tentara Islam Indonesia (TII). Upaya penumpasan dengan operasi militer yang disebut Operasi Bharatayuda.

Misi pertama, sekaligus dalam masa pendidikan Uwa Om kala itu adalah pemberantasan DI/TII di Jawa Barat, di era 50 akhir, sekitar tahun 1958 akhir. Bersama batalyonnya, dibagi menjadi beberapa pleton, kemudian beberapa kelompok regu. Memang sudah standar tentara sepertinya dalam medan peperangan, dibagi menjadi beberapa regu.

Penumpasan NII kala itu dirasakan oleh beliau sebagai salah satu yang tersulit dari beberapa misinya. Pasalnya, pergerakkan NII licik dan susah dilacak. Siang menjadi petani, malam menjadi pemberontak. Dari Cirebon, berangkatlah Uwa Om bersama kelompok regunya, melintasi Gunung Cireme. “ NII ini pinter, Kartosuwiryo susah dilacak. Kata Intel ada di Cirebon, eh taunya ada di Garut ,” Ceritanya. Dalam berperang, NII tergolong sadis dan licik. Ketika ada seseorang yang dianggapnya memihak pada pemerintah dalam wilayah mereka, tak segan-segan satu keluarganya dibunuh oleh mereka. Siang Intel, malam tentara. Tak peduli anak kecil atau orang dewasa sekalipun.

“ Ketika mereka kami kejar, mereka pintar. Mereka bergerak dengan jalan mundur sambil menutupi jejak mereka. Makanya Kartosuwiryo pas itu susah ditangkep,” Ceritanya kembali.

Pengejaran melintasi Gunung Cireme, dimulai dari titik Cirebon. Guna melacak dan menangkap Kartosuwiryo. Perjuangannya? Tak seperti sekarang di mana “bantuan logistik” sudah mudah. “ Dulu mah gak kaya sekarang, dulu kita miskin! Jangankan untuk makanan, untuk amunisi yang penting saja cuma dikasih 6 peluru! 1 peluru, 1 nyawa! Hahaha ,” Tawanya geli sambil mengenang. Kala itu, jangankan bantuan logistik, peluru saja susah, di saat Indonesia sedang mengalami titik kemiskinannya, hingga akan terjadi inflasi besar-besaran pada tahun 1965.

Saat melintasi Gunung Cireme, di sanalah beliau merasakan spirit perang tentara , tapi di saat masa latihan. “ Widih, waktu di Gunung Cireme itu emang paling menderita, “ tuturnya dengan gaya bicaranya. Perjalanannya di Gunung Cireme memang salah satu dari tersusah baginya. Logistik kurang, serta jarang ditemukannya air di gunung itu. Gunung Cireme yang terletak di Cirebon, sekarang berada di Kabupaten Cirebon, likunya seperti buah Cireme, naik turun naik turun. Ditambah lagi memang mayoritas tumbuhan yang tumbuh di gunung itu adalah Pohon Pinus, tak seperti gunung-gunung yang berada di selatan Jawa Barat. “ Mau masak gimana? Air pun tak ada? ,” katanya. Selama satu minggu, bersama regunya beliau berjalan melintasi gunung tersebut. Dengan persediaan air yang minim, persis seperti para khafilah yang berjalan di gurun pasir tanpa ada air, namun versi beliau ini berjalan melintasi wilayah hutan tropis, miris.

“ Waktu mau sampe di Kuningan, baru tuh terdengar air. Teman ada yang bilang ‘, BUNYI AIR ITU BUNYI AIR!!’. Aku bilang ‘, DIAM-DIAM ssstt!!!! ‘. Wah ternyata memang bunyi air betulan! Langsung kita lari, NYEMPLUNG minum air sepuasnya. Hahahaha ,” Katanya sambil geli “, Minum airlah kita itu sampe Kenyang, perut kembung, haha. Kubilang ‘, awas ini kalau ada DI TII! Kita habisi mereka sudah ngerepotin kita!’ ,“ lanjutnya.

Dari gunung, melintasi darat, ada juga melintasi kereta api. “ Bosan juga ketika melintasi rel kereta api, seharian itu melulu. Apalagi ketika melewati jembatan kereta, begitu ada kereta lewat, kita semua bergelantungan. Wah haha ngeri juga tuh, “ Ceritanya sambil digerakan tangannya. Ketika melewati terowongan , badan satu regu dipempetkan di dinding terowongan, muka berubah menjadi hitam oleh asap cerobong kereta api yang masih menggunakan batu bara. “ Mukamu kok hitam? Lho mukaku juga? , “ Sahut menyahut satu regu yang diceritakan Uwa Om seperti pengalamannya waktu itu. Kadang aku juga berpikir, seru juga jadi tentara.

Perjuangannya di wilayah Jawa Barat itu berakhir, setelah Kartosuwiryo ditangkap oleh pasukan Siliwangi . “ Sakit kuning dia waktu itu. Jadi pas mereka dikepung, mereka yang menyerahkan diri. Mereka bilang dia sedang sakit kuning, di sebuah gubuk di Garut. Ditangkap lah dia, dan langsung kabari ke pusat. ,” flashback nya”, Kalau bukan sakit kuning susah tertangkap mungkin. Gerakannya diam-diam, lincah , dan susah terlacak. Tertangkapnya juga karena taktik pagar betis, dikepung.”. Kartosuwiryo ditangkap dalam keadaan lemas tak berdaya. Jadi kalau ada buku sejarah di kalangan sekolah yang bilang dia ditembak mati oleh tentara , berarti ada salah tulis buku itu.

1.2 Operasi Permesta, Operasi Perang Saudara


Cuti didapat Uwa Om kelar dari penugasan operasi DI TII. Sekitar 14 hari pulang ke markas batalyon. Bersantai sejenak, tanpa ada kesulitan air atau logistik. Walau waktu itu Indonesia masih miskin. Nasib tentara pun tidak sesubur sekarang, dari gaji sampai jatah makanan harian. “ Tentara sekarang gaji gede, kalau dulu cuman 415 perak, dulu kita makan dijatah lebih dikit,” Ceritanya. Tentara seperti Uwa Om,yang masih berpangkat prajurit, memang termasuk yang paling merasakan krisisnya Indonesia kala itu. Untuk makan pagi dijatah 150 gram, siang sekitar 250 gram, malam baru 400 gram. Kalau dihitung-hitung cuman 4 sendok. “ Sehat aja, tapi gak kenyang, haha. Perut itu masih kruyuk-kruyuk rasanya. , “kenangnya “, Gaji saja waktu itu, sekali dapet, langsung habis buat jajan bersama teman-teman. Makan sate ayam, yah cuman 415 perak. Gak seperti sekarang udah gede-gede gajinya.”. Ya, itulah perjuangan tentara jaman Indonesia berusaha meraih kedaulatannya.

Baru sekitar 6 hari beliau cuti, kembali beliau dipanggil tugas, kali ini operasinya di luar pulau Jawa. Yap, tahun 1959 awal, beliau dipanggil bertugas untuk menumpas gerakan Permesta di Manado, yang dipimpin oleh Alex Evert Kawilarang, mantan tentara lawan tentara.



Berangkat dari Tanjung Priok menggunakan kapal angkut, bukan pesawat. Pesawat milik Auri untuk mengangkut masih terbilang minim di jaman itu. Adapula pesawat Dakota, namun nasib berkata lain pada pesawat itu yang tertembak jatuh lantaran perang. Selama 7 hari 7 malam perjalanan mengarungi laut menuju Manado, dengan mampir terlebih dahulu di Surabaya.

Perdjuangan Semesta atau Perdjuangan Rakjat Semesta disingkat Permesta adalah sebuah gerakan militer di Indonesia. Gerakan ini dideklarasikan oleh pemimpin sipil dan militer Indonesia Timur pada 2 Maret 1957 yaitu oleh Letkol Ventje Sumual. Pusat pemberontakan ini berada di Makassar yang pada waktu itu merupakan ibu kota Sulawesi. Awalnya masyarakat Makassar mendukung gerakan ini. Perlahan-lahan, masyarakat Makassar mulai memusuhi pihak Permesta. Setahun kemudian, pada 1958 markas besar Permesta dipindahkan ke Manado, dipimpin oleh A.E Kawilarang. Disini timbul kontak senjata dengan pasukan pemerintah pusat sampai mencapai gencatan senjata. Masyarakat di daerah Manado waktu itu tidak puas dengan keadaan pembangunan mereka. Pada waktu itu masyarakat Manado juga mengetahui bahwa mereka juga berhak atas hak menentukan diri sendiri (self determination) yang sesuai dengan sejumlah persetujuan dekolonisasi. Di antaranya adalah Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville dan Konferensi Meja Bundar yang berisi mengenai prosedur-prosedur dekolonisasi atas bekas wilayah Hindia Timur.

“ Di Manado inilah, kita benar-benar melintasi gunung, tinggal di gunung, makan di gunung, selama 8 bulanan. Permesta itu gerakan yang kejam, walau tak sekejam DI/TII. Tapi di Manado ini, benar-benar perang kontak senjata terus-menerus, “ Cerita Uwa Om.

Tinggal di gunung selama 8 bulan bukanlah hal yang gampang. Walau sekarang logistik lebih terjamin, tapi musuh juga lebih tersenjatai. Evert Kawilarang sendiri sebenarnya adalah bagian dari tentara Indonesia kala itu, bahkan termasuk dalam orang yang berjuang di tahun ’45. Dari September 1956 hingga Maret 1958 Kawilarang menjabat sebagai atase militer pada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington, DC, Amerika Serikat, dengan pangkat brigadir jenderal. Ketika pemberontakan PRRI/Permesta meletus di tanah air, Kawilarang segera melepaskan jabatannya sebagai atase militer lalu minta pensiun. Ia kembali ke tanah air dan langsung ke Sulawesi Utara untuk menjabat sebagai Panglima Besar/Tertinggi Angkatan Perang Revolusi PRRI (1958) dan Kepala Staf Angkatan Perang APREV (Angkatan Perang Revolusi) PRRI, dengan pangkat mayor jenderal dari Februari 1959 hingga Februari 1960. Banyak yang bilang bahwa latar belakang Kawilarang bergabung dengan Permesta, salah satunya adalah ketidakpuasan mereka terhadap pembangunan di Indonesia tahun-tahun itu. Juga sebagai bentuk protes atas keberadaan komunis di Jawa.

Namun apa daya, latar belakang tersebut menimbulkan perang ‘saudara’ yang besar kala itu. Permesta tidak seperti pemberontak DI/TII, yang takut-takutan kalau siang. Siang hari justru terjadi kontak dengan pihak TNI.

Bermodalkan pakaian tentara ala kadarnya, Uwa Om bersama regunya tinggal di gunung. Dalam satu wilayah yang terbagi atas 1 pleton, setiap pleton dibagi atas 5 regu. Masing-masing regu berjumlahkan 10 orang sebagai anggotanya. Pleton RPKAD Uwa Om menerima wilayah Gunung Hulu sebagai penjagaannya dalam pembagian wilayah. Di Gunung Hulu itu, terdapat 5 regu yang menjaga, di mana setiap regu dipimpin oleh Komandan Regu, bermodalkan kompas dan radio macam P.C.R. 2, yang ukurannya sekarang seperti telpon umum di trotoar.

“ Di Manado itu perang bener-beneran paling terasa. Setiap hari ada kontak senjata. Pihak Permesta juga terlatih. Karena ya itu tadi, banyak tentara yang ikut andil dalam pihak Permesta ,” Katanya.

Untuk bergerak pun harus hati-hati, Permesta pintar dalam taktik perang, karena banyak bekas tentara yang bermain andil dalam gerakan tersebut. Ranjau misalnya, ranjau yang dipakai bukan ranjau bom, tapi ranjau bambu. Bambu yang diruncingkan, seruncingnya, kemudian dikuburkan dalam tanah, ditutupi oleh rumput. Banyak tentara yang terluka karenanya, kebanyakan dari Pasukan Kodam Diponegoro. “ Jadi sate itu kalau kena, hehe ,” ceritanya sambil geli. Dalam perangnya pun Permesta cenderung tidak mengenal etika. Beberapa pasukan RPKAD yang terjun ditembak terlebih dahulu sebelum menyentuh tanah, padahal hal tersebut menentang dari Etika Perang hasil dari Konvensi Jenewa. “ Yah namanya perang, daripada mereka mati, ya mereka tembak duluan saja, haha,” katanya.

Uwa Om dan regu pun juga pernah jahil dalam berperang. Pernah suatu ketika saat mendatangi suatu desa Permesta, para tentara Permesta yang sedang beristirahat kabur kelabakan. Di dekat botol-botol minum pasukan Permesta, ada penggorengan besar yang sedang dipenuhi dengan gula aren yang dimasak. “ Gula aren kan kalau kering beku tuh? Nah kita masukin aja ke botol tuh pasukan, biar tahu rasa mereka! Gak bisa minum! Haha ,” Ceritanya sambil tertawa terbahak-bahak.

Tapi yang namanya nasib tentara saat perang, celana robek-robek, badan lecet, kaki sakit menimpa ransel sekaligus senapan laras panjang AK-47, itulah yang dirasakan beliau ketika berada di perang Manado. “ Ya itulah namanya tentara, “ cetusnya. 8 bulan hidup di hutan, kadang malah dikasihani oleh penduduk setempat untuk mampir ke rumah mereka. “ Gak bisa lah tapi, tugas tetep tugas, “ cetusnya.

Pertempuran puncak yang beliau alami adalah ketika penyerbuan Lapangan Mapanget. Lapangan Mapanget sangat dijaga ketat oleh pihak Permesta. Peluru berkaliber 12,7 siap mencoba menembus pasukan tentara gabungan Indonesia waktu itu. “ Gak bisa ditembus! Benar-benar dijaga ketat oleh mereka, pelurunya juga 12,7. Kalau kena kepala, bisa putus tuh ,” Ceritanya. Persenjataan mereka lengkap, berpeluru udara dan darat. Jika dilihat dari sejarahnya, senjata tersebut merupakan peninggalan KNIL dan donasi dari pihak sekutu. “ Baru ditembus ketika diakali oleh pilot AURI, Liawatimena namanya. Jadi dia terbang-terbang pake pesawat Mustang di atas lapangan yang dijaga ketat itu, kemudian pura-pura jatuhlah dia. Pas sudah gak ditembaki karena dikira jatuh, baru dia ngebom lapangan itu. ,” Tuturnya mengingat jasa sang pilot ‘, Baru kita masuk serbu tuh lapangan, kalau gak ada dia, wah susah itu masuk ke lapangan’ , lanjutnya. Lapangan Mapenget berhasil direbut tanggal 5 Mei 1959.

Walau begitu, Evert Kawilarang tidak mau menyerah sebelum RPKAD yang menangkapnya. Mungkin karena begitu kecewanya dia terhadap jalannya pemerintahan Indonesia. Begitulah yang diceritakan Uwa Om. “ Makanya Jendral Nasution datang waktu itu ke Manado. Ketika datang, maka menyerahlah si Kawilarang itu. Turun dia dari gunung sambil berkuda, bersalaman lah dia dengan Nasution. Begitu juga dengan pasukannya yang menyerah. Bahkan ada sebagian dari mereka yang mengenal satu sama lain dengan anggota RPKAD. Mungkin karena dulunya satu akademi. ,“ Kenangnya.



Pergerakan Permesta resmi berakhir pada tahun 1961.

1.3 Belum Selesai! Masih Ada Tri dan Dwi, dari Kora!

Misi bersejarah sang Uwa Om belum selesai, masih ada 2 misi yang ia jalani, Trikora dan Dwikora.

“ Kalau Trikora, kita RPKAD belum sempat benar-benar perang. Karena ketika sampai di Irian Barat, langsung dipanggil dari pusat untuk balik ke Jakarta,” Katanya. Memang sebenarnya peristiwa Trikora malah yang membuat Belanda ketar-ketir akan kekuatan Indonesia yang dibantu oleh Uni Soviet saat itu. Bagaimana tidak, Belanda masih mengandalkan pesawat perang dunia kedua, sementara Indonesia sudah menggunakan pesawat bermesinkan jet turbin. Walau banyak peristiwa besar yang terjadi seperti Perang Laut Uru. Di dalam sejarah tercatat peristiwa Trikora terjadi 19 Desember 1961 - 15 Agustus. Ada juga sabotase yang dilakukan pihak Intel Belanda waktu itu. Ketika sampai di Jakarta saat pemeriksaan kantong terjun, ternyata talinya putus semua, diputus tepatnya. “Untung saja satu batalyon juga tidak terjun waktu itu, kalau terjun bisa mati semua itu,” Tuturnya.

Sekedar informasi, pada tanggal 15 Agustus 1962, perundingan antara Indonesia dan Belanda dilaksanakan di Markas Besar PBB di New York atas jalan keluar konflik Trikora. Pada perundingan itu, Indonesia diwakili oleh Soebandrio, dan Belanda diwakili oleh Jan Herman van Roijen dan C.W.A. Schurmann. Isi dari Persetujuan New York adalah:
• Belanda akan menyerahkan pemerintahan Papua bagian barat kepada United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA), yang didirikan oleh Sekretaris Jenderal PBB. UNTEA kemudian akan menyerahkan pemerintahan kepada Indonesia.
• Bendera PBB akan dikibarkan selama masa peralihan.
• Pengibaran bendera Indonesia dan Belanda akan diatur oleh perjanjian antara Sekretaris Jenderal PBB dan masing-masing pemerintah.
• UNTEA akan membantu polisi Papua dalam menangani keamanan. Tentara Belanda dan Indonesia berada di bawah Sekjen PBB dalam masa peralihan.
• Indonesia, dengan bantuan PBB, akan memberikan kesempatan bagi penduduk Papua bagian barat untuk mengambil keputusan secara bebas melalui
1. musyawarah dengan perwakilan penduduk Papua bagian barat
2. penetapan tanggal penentuan pendapat
3. perumusan pertanyaan dalam penentuan pendapat mengenai kehendak penduduk Papua untuk tetap bergabung dengan Indonesia; atau
memisahkan diri dari Indonesia
4. hak semua penduduk dewasa, laki-laki dan perempuan, untuk ikut serta dalam penentuan pendapat yang akan diadakan sesuai dengan standar internasional
• Penentuan pendapat akan diadakan sebelum akhir tahun 1969.
Sehingga dengan itu, berakhirlah konflik Trikora, Indonesia mulai meraih kedaulatannya dengan genggaman tangan penuh.

1.4 Konflik Kedua Buatan Sekutu, Adek dari Trikora, Dwikora~

Ada yang bilang peristiwa Dwikora dilakukan Soekarno karena Malaysia dianggap sudah tidak menghormati Indonesia melalui aksi demonstrasi anti Indonesia pada tanggal 17 September 1963 di Kuala Lumpur dengan cara menyerbu gedung KBRI, merobek-robek foto Soekarno, membawa lambang Negara Garuda Pancasila ke hadapan Tuanku Abdul Rahman Perdana Menteri Malaysia saat itu dan memaksanya untuk menginjak Garuda. Sejak saat itulah kemarahan Soekarno atas Malaysia mencapai puncaknya yang pada akhirnya memunculkan komando Dwikora.

Awal konflik Indonesia – Malaysia ini diawali oleh peristiwa klaim federasi Malaysia atas wilayah Brunei, Sabah, Serawak dan Singapura yang akan digabung menjadi persekutuan tanah Melayu (tahun 1961). Peristiwa ini membuat presiden Soekarno dan beberapa negara lain kecewa. Soekarno menganggap pembentukan Federasi Malaysia ini sebagai proyek Nekolim (Neo-Kolonialisme dan Imperialisme) baru di kawasan Asia Tenggara yang dipimpin Inggris serta tidak sesuai dengan perjanjian Manila (Manila Accord).

Pasca demonstrasi anti-Indonesia di Kuala Lumpur, pada tanggal 20 januari 1963 Indonesia melalui Mentri Luar Negeri Soebandrio menyatakan sikap bermusuhan terhadap Malaysia. sejak saat itulah kemudian muncul istilah “Ganyang Malaysia” dan “Dwikora” yang disebut oleh Soekarno sebagai upaya menjaga martabat Negara Republik Indonesia.


Sehingga seusai Operasi Mandala Trikora kemudian pada tahun 1963, RPKAD kembali mendapat perintah untuk melaksanakan misi Dwikora. Tugasnya mengganyang Pemerintahan Malaysia yang pada waktu itu dipimpin oleh Tengku Abdurahman. Yang meliputi daratan Malaka, Sarawak, Singapura dan Sabah (yang pada waktu itu masih tergabung dengan Malaysia). Operasi dilakukan pada tanggal 15 Maret 1964, seluruh anggota tim mendapat penjelasan dari Komandan Kopaska bahwa mereka secara administrasi telah dikeluarkan dari Kedinasan Angkatan Laut dengan tujuan bila mereka tertangkap dikemudian hari Angkatan Laut bisa mengelak dari keterlibatanya.

Uwa Om ditugaskan untuk menyusup ke daerah Kalimantan Timur, perbatasan antara Indonesia dan negara yang bakal jadi itu, Malaysia.

Ada fakta yang unik yang saya dapatkan dari pengalaman Uwa Om yang satu ini tentang peristiwa Dwikora. Dari seorang Uwa Om, bagian dari RPKAD yang terjun langsung ke medan pertempuran. Faktanya adalah? Tidak ada tentara Malaysia yang ikut berperang dalam peristiwa Dwikora. Lantas siapa yang berperang? Mereka adalah tentara bayaran Inggris, suku dari Tibet bernama Gurkha.



Inggris waktu itu juga tidak mau kehilangan negara bawahannya begitu saja. Namun di lain sisi takut akan kekuatan Indonesia yang kala itu militernya menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Apalagi Malaysia yang kecil dan tak berdaya pada saat peristiwa itu terjadi. Inggris pun mengirimkan tentara bayarannya, yang dibayar mahal. Hal ini yang agak banyak terluput dari buku pelajaran sekolah.

Sedikit informasi mengenai Gurkha. Gurkha, juga dieja gorkha, adalah orang-orang dari Nepal yang mengambil namanya dari orang suci Hindu abad ke-18, Guru Gorakhnath. Pengikutnya, Bappa Rawal, lahir dengan nama Prince Kalbhoj, merupakan orang Gurkha pertama. Gurkha dikenal terutama karena keberanian dan kekuatannya dalam Brigade Gurkha dalam Angkatan Darat Britania Raya. Mereka juga terkenal karena pisau khas mereka yang disebut kukri. Mereka terkenal dengan kemampuannya bertarung dengan sebilah Kukrinya, kadang bisa dilempar kadang bisa ditebas spesial unutk musuhnya.

Tapi ada juga yang unik, apa itu? “ Mereka takut tentara Indonesia,” Kata Uwa Om “, Walau waktu itu kita memang berbekal pas-pasan. Tapi kita dapat bekal dari mereka. Mereka suka meninggalkan bekal mereka untuk kita, haha”, lanjutnya. Sebelum turun dari helikopter misalnya, mereka takut untuk langsung turun. Alhasil mereka menembaki dulu sekitar hutan di atas tempat mereka akan mendarat, lalu baru turun dari helikopter untuk mengkontrol keadaan. Untuk berperang? Tak pernah regu Uwa Om berperang kontak senjata secara harafiah. Mereka lah yang mencoba untuk kontak Senjata. “ Biar mereka habis peluru, gampang tuh caranya. Jadi pada pagi hari, kita pancing mereka dengan satu tembakan,’DOORR’. Mereka pasti balas itu tembakan, tapi balasnya mereka tembak ke mana saja dengan peluru lengkap mereka. Dari meriam lontar sampai senjata mesin. Pohon-pohon jatuh bertumbangan, tembak menembak mereka ke mana saja. Nah kita? Yah kita diam saja, orang mereka takut. Hahaha ,” Kenang Uwa Om, aku pun geli mendengar ceritanya.

Bahkan malah tentara bayaran dengan gaya khas topi miring itu pernah melambai-lambai teriak”, Oiii oii” menandakan mereka tak mau berperang dengan RPKAD.

“ Mereka suka ninggalin rokok kalengan ampe susu bekas tuh, disangkutin ke pohon-pohon besar. Jadi kalau ketemu, kita ambil, makan deh haha,” cerita Uwa Om sambil tertawa.

Memang sebuah cerita yang lucu menggelikan mendengarnya langsung dari sumber. Tapi sayangnya tak pernah dipublikasikan di ajaran buku sekolah. Entah mengapa, padahal itu pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita, yang mempelajari sejarah, mendengar cerita tersebut. Betapa militer kita merupakan salah satu yang terkuat dan ditakuti kala itu, di jaman Presiden Soekarno masih memimpin.

Uwa Om kemudian dipulangkan dari misi Dwikora setelah konflik itu berakhir, terutama karena munculnya gerakan PKI yang membuat Indonesia semakin terombang-ambing oleh krisis karakter negara.


1.5 Sekarang pun Masih Bugar



Uwa Om termasuk sebagai orang yang sederhana dalam menjalani hidupnya. Senyum dan penuh gelak tawa mengalir dalam kehidupannya sehari-hari. Belum pernah sepertina kulihat beliau cemberut, atau sakit-sakitan . Seperti yang kukatakan di awal-awal cerita ini.

Sekarang beliau sudah pensiun, tinggal di Cijantung bersama 2 orang anaknya. Satu sudah berkeluarga memiliki 2 anak, satu lagi belum menikah. Pangkat terakhirnya adalah Sersan Kepala, berbekaskan veteran perang Kopasus Angkatan tahun 1959, atau angkatan 6. Berbagai penghargaan pernah diterima beliau sebagai pahlawan perang. Dari penghargaan oleh Menteri Pertahanan, sampai oleh A.H Nasution.

Beliau adalah seseorang yang hebat, patut dicontoh. Dari hidup beliau juga menceritakan, bahwa “masa mudamu adalah masa tuamu”. Bahwa ketika kita menyia-nyiakan masa muda, seperti gaya hidup yang buruk, atau bermalas-malasan, atau merusak diri kita dengan rokok, maka tak heran masa tua kita adalah cerminan masa muda kita. Dari hal itu juga menggambarkanku, bahwa aku sebagai anak muda jaman sekarang harus bersyukur. Perang sudah tidak ada seperti dulu, krisis makanan , atau inflasi tak kualami, atau sedikitnya belum kualami. Walau tantangan sebagai anak muda jaman sekarang berbeda ,seperti sedang gempar-gemparnya perang terhadap terorisme. Tapi pelajaran yang paling penting adalah , bahwa aku harus bermental baja dalam menjalani hidup ini. Tak boleh mudah menyerah dan harus terus berusaha. Seperti kata pepatah , “ bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” , Atau “Ganbatte” seperti kata orang Jepang.

Aku pamit pada beliau sekitar jam setengah 3 sore, cuaca mendung waktu itu. Tak lupa sebelumnya aku berfoto dengannya, sebagai bukti bahwa aku pernah bertemu dengan seorang pahlawan. Seorang pahlawan yang cinta akan tanah airnya, seorang pahlawan yang tak mudah menyerah, dan bermental baja.

Yah, dia benar-benar memberikanku semangat baru untuk menjalani kehidupan melihat dari sejarah masa lalu. Tak heran, Soekarno pernah bilang, “ Jangan sekali-sekali melupakan sejarah “, JAS MERAH! [MUGI]




Uwa Om Bersama Teman(Palign atas), Penghargaan dari Menteri Pertahanan dan A.H Nasution





24 comments:

{ Moh. Shobirienur Rasyid } at: May 8, 2011 at 11:14 PM said...

Membaca tulisan ini, terkenang saya dulu mendaki pertama kali, ke puncak Ciremai. Mendaki kedua, kembali ke Ciremai. Kala pendakian kedua itu Galunggung meletus, sehingga kami harus turun sebelum sampai ke puncak.
Ciremai, Salak, Malangbong... memang daerah yang dicurigai sebagai tempat persembunyian SM Kartosuwiryo. Tetapi DI/TII telah berakhir setelah imam Kartosuwiryo mengumumkan menyerah dan kembali ke pangkuan NKRI.
Yang pasti, terima kasih sekali dapat tambahan detail informasi dari Kakek.

ms rasyid
http://wanakajir.wordpress.com

{ indra rian } at: May 13, 2011 at 8:52 PM said...

Bagus bro tulisannya, banyak fakta sejarah yang disampaikan dari sumber yang merupakan pelaku sejarah langsung. Salut untuk jasa Uwa Om. Sampai sekarang saya selalu kagum dengan motto kopassus "Berani, Benar, Berhasil".

{ Ipa 1 Labsky } at: May 21, 2011 at 2:27 AM said...
This comment has been removed by the author.
{ Ipa 1 Labsky } at: May 24, 2011 at 8:51 AM said...

@Pak Shobirienur Rasyid : Wah pengalaman yang seru tuh pak...Rsanya jadi pingin juga menjelajahi Gunung Ciremai.
@Indra : Thx gan atas hehe, bner banget ntu apalagi peringkat 3 Kopasus di dunia yekan..ijin sundul k blog nte ane gan hahaiy

-Mugi

{ rangga } at: July 14, 2011 at 1:46 AM said...

kakeh saya dulu tentara permesta..dulu dia seorang pemberani dia telah membunuh orang sekitar 1000 orang tentara indonesia...kakeh saya kebal peluru...dan bisa membunuh dengan tangan kosong...

{ Harun Ar } at: February 26, 2012 at 10:38 PM said...

Info menarik... menambah pengetahuan
TQ

{ Muhammad Sholihin } at: December 22, 2013 at 9:19 PM said...

Manstap......sebuah penelusuran yang menarik.

{ Unknown } at: March 24, 2014 at 8:04 PM said...

Alex Kawilarang (bersama dengan Slamet Ryadi ) adalah pencetus lahirnya Kopassus, ia mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT) yang menjadi cikal bakal Kopassus dan melihat latar belakang Rokus Bernardus Visser ( Idjon Djanbi ) yang pernah menjadi angota pasukan elite KNIL maka di angkatlah beliau sebagai pelatih pasukan elite yg baru dibentuk tsb...

{ Unknown } at: May 2, 2014 at 2:21 AM said...

wah uwanya 1 lifting dengan bapak saya tuh, NRPnya 363 sama dengan Almarhum Bapak saya, tanya saja uwa nya Bapak saya NRPnya. 363498.....salam buat Om Syafei....KOMANDO

{ Unknown } at: October 12, 2014 at 9:14 PM said...

salam kenal, info yg menarik khususnya pertempuran dg Permesta

{ Unknown } at: January 17, 2015 at 8:33 PM said...

Salam kenal, salam juga untuk uwa om :)

{ Unknown } at: May 19, 2015 at 11:38 PM said...

salut gan. generasi kita perlu banyak baca sejarah, keberanian, keperkasaan dan kehormatan bangsa kita, agar mereka bangga terhadap negaranya, INDONESIA salam.

{ Unknown } at: June 12, 2015 at 9:19 PM said...

Menghadapi Permesta tidak mudah

{ Unknown } at: June 12, 2015 at 9:20 PM said...

Permesta didukung sekutu, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com

{ Unknown } at: June 26, 2015 at 8:23 AM said...

padahal jendral'' permesta semuanya itu adalah jendral'' perang terbaik yang pernah di indonesia...menurut aku dri pandangan netral kalo nggk ada permesta mungkin smpe skrg indonesia adalah negara komunis jadi panteslah kalo sekutu harus bantu krna mereaka anti komunis... coba loh liat biografi semua jenderal'' permesta yg semuanya orang manado itu...mereka adalah pemimpin'' perang yg penuh pengorbanan besar terhadap indonesia...bahkan kalo di bandingkan jenderal'' perang yg di nobatkan sebagai pahlawan indo blm ada apa'' jika di bandingkan dengan jenderal'' permesta... yang membentuk kopassus saja adlh seorang kawilarang,soeharto aja yg pernah pling lama pimpin indo hanya bawahan kawilarang bahkan pernah di tampar di makasar...blm lagi jendral'' permesta yang lain...liat aja wktu indo vs permesta perbandingan yg gugur jauh banget 1 tentara permesta banding puluhan smpe ratusan tentara indo..mereka juga nggk menyerah tapi di anggap di tipu nasution agar turun gunung..bahkan "takut" indonesia sendiri yg menawarkan perjanjian damai... habis perjanjian damai pun, loyalitas tentara permesta terhadap indo pun tak bisa di pungkiri,walau kecewa dengan sikap pusat mereka lah yang berhasil mengimbangkan pertempuran vs sas inggris(pasukan terbaik di dunia) di kalimantan yang di minta langsung pemerintah pusat untuk bertempur di kalimantan...karena pemerintah pusat pun tauh bahwa tentara permesta adlh tentara terbaik yang pernah di miliki indonesia karena sebagian besar tentara permesta adalah anggota kopassus... gue juga yakin pemimpin uwa lho itu hanyalah murid dari jenderal'' permesta...
sayang banget mereka di anggap pemberontak padahal mereka lah yg mati-matian berkorban untuk negara...dari sebelum pecah permesta smpe stlah perjanjian damai loyalitas mereka terhadap negara sangat besar...walaupun mereka tdk mendapat gelar pahlawan...
pengaruh mereka jauh lebih besar di bandingkan dengan jenderal'' indo yg hidup pada jaman itu yg telah mendapat predikat sebagai pahlawan.
beruntung banget dokumen'' sejarah lengkap tentang mereka masih banyak tersimpan di indo dan luar negeri seperti AS dan belanda...

{ Unknown } at: July 25, 2015 at 9:39 AM said...

NKRI harga mati, salam hormat kami cucu" Permesta tetap bangga akan jasa" kakek buyut kami, diakui atau tidak mereka turut andil membela kemerdekaan bangsa Indonesia tercinta.

{ Unknown } at: January 8, 2016 at 6:45 AM said...

Mantap.. Paman gw jg kopasus di cijantung.

{ Unknown } at: June 19, 2016 at 11:42 AM said...

Ya...sedikit banyak nya seperti itu.tapi sayang indonesia skarang dipimpin oleh banci...dulu kan jendral soeharto.nah skarang jokowoli...coba kalo prabowo...pasti mantap...komando!!!

{ Unknown } at: June 19, 2016 at 11:52 AM said...

Parmesta...oknum tni yg berkhianat di manado.jendral parmesta berkhianat dari nkri.jadi itu namanya pemberontak...

{ assassin creed } at: April 18, 2017 at 12:38 AM said...

Klo gak dapat apa2 dr nkri alias gak diperhatikan bodo amat gue dibilang pengkhianat, permesta tetaplah pahlawan untuk manado...tai anjing nkri...

{ Unknown } at: May 7, 2018 at 8:41 PM said...

Ngomong opo ae, lek gak ngerti gak usah ngablak cangkemu

{ Unknown } at: May 7, 2018 at 8:42 PM said...
This comment has been removed by the author.
{ Mee Nelwan } at: December 4, 2018 at 8:33 AM said...

Hanya menambahkan... Bahwa PERMESTA tidak pernah menyerah !!! Klo tidak percaya baca sendiri perjanjian genjatan senjata APREV & APRI...

{ Unknown } at: July 23, 2020 at 3:35 PM said...

ga ada sejarahnya...samuel kawilarang...di jawa mah matikutu..bkn pahlawan nasional.. .

Post a Comment

 

Design modified by mugimunteng | Basic Design by Dzignine in Collaboration with Trucks, SUV, Kidney Stones