otakatikawas!

otakatikawas!

Tugas 4,Saya dan Negara Puncak Dunia

|
OLEH : OKTI GIFFARI
Motto :जननी जन्मभूमिष्च स्वर्गादिप गरि
"Ibu dan Ibu Pertiwi Lebih Besar dari Surga"

Nepal (नेपाल), terletak di kawasan pegunungan Himalaya, adalah sebuah Negara terkurung daratan di Asia Selatan yang berbatasan dengan Republik Rakyat Cina (Daerah Otonomi Tibet) di sebelah utara dan India di barat, timur, dan selatan.

Negara Nepal dibentuk melalui Persatuan Nepal pada 21 Desember 1768. Prithvi Narayan Shah menjadi raja pertama. Nepal merdeka dariInggris pada 21 Desember 1923. Sebelumnya, negara yang terletak di Himalaya ini berstatus protektorat setelah dikalahkan Inggris dalam perang tahun 1815. Pada tahun 1990, Nepal mengubah sistem pemerintahan menjadi monarki konstitusional. Kemudian pada tahun 2008 kerajaan Nepal resmi dibubarkan dan Nepal berubah menjadi negara republik federal yang sekuler.hari kemerdekaan Nepal adalah 24 April.Bahasa yang digunakan adalah bahasa resmi Nepal.Mata uang yang berlaku disana adalah Rupee Nepal (NRs)

Meskipun luas wilayahnya kecil, negara ini memiliki lansekap yang bervariasi, mulai dari Terai yang lembab di selatan sampai Himalayayang tinggi di utara. Nepal memiliki delapan dari sepuluh puncak tertinggi dunia, termasuk Gunung Everest dekat perbatasan China.Kathmandu merupakan ibu kota dan kota terbesar.Gunung everest merupakan puncak tertinggi di dunia yang menjadi salah satu objek wisata para turis asing dan pendakian yang sangat terkenal bagi para pendaki gunung
Selain itu Bendera Nepal adalah satu-satunya bendera nasional di dunia yang tidak berbentuk persegi panjang.


Bendera Nepal merupakan kombinasi sederhana dari dua panji-panji tunggal. merah merah adalah warna dari rhododendron, bunga nasional negara itu. Merah juga tanda kemenangan dalam perang. Batas biru adalah warna perdamaian. Hingga 1962, emblem bendera itu, matahari dan bulan sabit, memiliki gambar wajah seperti manusia. Mereka memodernisasi bendera. Wajah-wajah manusia tetap ada pada matahari dan bulan di Royal Standard sampai penghapusan monarki pada tahun 2008. Bendera Nepal diadopsi, dalam pembentukan pemerintah konstitusional baru, pada tanggal 16 Desember 1962. Masing-masing panji telah digunakan selama dua abad sebelumnya dan panji ganda digunakan sejak abad ke-19.

GEOGRAFI




Nepal nyaris berbentuk segi empat, dengan panjang 650 km dan lebar 200 km, dengan luas wilayah 147.181 km². India mengelilingi Nepal di tiga sisi. Meskipun Nepal tidak berbatasan dengan Bangladesh, namun kedua negara ini dipisahkan oleh tanah selebar 24 km saja. yang dikenal sebagai Leher Ayam. Nepal intinya terbagi tiga daerah fisiografik - Pegunungan, bukit, dan Daerah Terai.

SEJARAH

Menurut barang-barang zaman Neolithikum yang ditemukan di lembah Khatmandu. menandakan orang telah mulai tinggal di wilayah Himalaya paling tidak sudah 9.000 tahun. Referensi terdokumentasi tertanggal sejak milenium pertama SM, ketika wiracarita India kuna seperti Mahabharata menyebutkan "orang Kirata", penduduk Nepal. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa sebuah populasi, kemungkinan etnis Tibet-Burma, tinggal di Nepal 2.500 tahun yang lalu. Nepal beralih menjadi republik setelah lebih dari 200 tahun berbentuk kerajaan absolut, lalu menjadi kerajaan konstitusional (1990). Pada pertengahan April 2008 diadakan pemilu di Nepal yang kemudian dimenangi oleh kaum Maois. Kemenangan ini menandai berakhirnya sejarah kerajaan bercorak Hindu di dunia.


Raja Nepal secara tradisional digelari Mahārājdhirāja (श्री ५ महाराजधिराज), sementara sang ratu disebut dengan Badāmahārānī (श्री ५ बडामहारानी). Kerajaan Nepal didirikan pada tahun 1768 dan dibubarkan pada 28 Mei 2008 oleh parlemen Nepal. Nepal kemudian dinyatakan sebagai negara republik. Raja pertama Nepal yaitu Prithvi Narayan Shah generasi ke-9 dari Dravya Shah (1559 - 1570 M), pendiri dinasti berkuasa Gorkha. Kesuksesan Raja Prithvi Narayan Shah dimulai dengan penyatuan Nuwakot, yang terletak antara Kathmandu dan Distrik Gorkha. tahun 1744 M. Setelah Nuwakot, ia menduduki tempat-tempat strategis di bukit yang mengelilingi Lembah Kathmandu. Komunikasi di lembah ini menuju dunia luar terputus. Pendudukan di perbatasan nepal dan tibet tahun 1756 M menghentikan perdagangan di lembah ini dengan Tibet. Selanjutnya, Raja Prithvi Narayan Shah menguasai Lembah Kathmandu dan menjadikan Kathmandu ibukota Nepal tahun 1769 M. Setelah dasar Kerajaan Nepal dibentuk, Raja Prithvi Narayan Shah mengalihkan perhatiannya ke wilayah timur. Kerajaan Choudandi milik Sena dikuasai tahun 1773 M dan Vijaypur, Kerajaan Sena lainnya dianeksasi kemudian.
Nepal pada masa itu memanjang dari Punjab hingga Sikkim dan hampir dua kali lebih luas daripada sekarang.Raja Prithvi Nārāyaṇ Shah menutup perbatasannya dan membina hubungan damai dengan Britania Raya, tetapi mereka menolak berdagang dengan Nepal.lalu kepemimpinan dilanjutkan oleh Pratap Singh Shah raja pertama yang menyatukan Nepal.lalu raja ketiga yaitu Rana Bahadur Shah. Pada masa itu, kerajaan ini diperluas dengan penaklukan, termasuk ke Garhwal dan Kumaon sekarang di India.Tahun 1799, ia mengundurkan diri untuk menjadi petapa dan digantikan oleh putranya Girvan Yuddha Bikram Shah Deva. Ia ditikam hingga mati tahun 1805 oleh ibu tirinya, Sher Bahadur. Pada masa kepemimpinan raja Birendra Bir Bikram Shah Dev terjadi peristiwa berdarah bagi nepal yaitu salah satu lembaran paling hitam dalam sejarah kerajaan mereka yang terjadi sembilan tahun yang lalu. Ketika itu pembantaian tragis menimpa keluarga penguasa Kerajaan Nepal. Raja dan Ratu Nepal tewas ditembak oleh putra kandung mereka, yang juga pewaris tahta kerajaan, Pangeran Dipendra. Total, sebelas orang tewas dalam penembakan di istana Kathmandu itu, termasuk Dipendra. tragedi bermula dari cekcok antara Dipendra dengan ibunya, Ratu Aishwarya, menyangkut rencana pernikahan.
Sakit hati dengan penolakan ibunya, Dipendra mengamuk. Tak lama kemudian dia menembak mati siapapun yang berada di hadapannya, termasuk Raja Birendra dan Pangeran Niranjan, yang masing-masing ayah dan saudara kandungnya.Sejumlah saudara dan kerabat Dipendra pun tak lolos dari penembakan. Satu-satunya kerabat yang lolos dari maut adalah Pangeran Gyanendra, yang saat itu berada di luar negeri.
Dipendra pun menderita koma dari tanggal 1-4 Juni setelah kepalanya ditembak oleh dirinya sendiri di lokasi kejadian. Uniknya, selama menjalani masa koma Dipendra dinobatkan sebagai raja baru Nepal hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada 4 Juni 2001. Dia akhirnya diganti oleh pamannya, Gyanendra.Bagi sebagian rakyat Nepal, penembakan ini masih menjadi misteri. Pasalnya, mereka ragu bila Dipendra yang dikenal berpenampilan santun dan kalem bisa mengamuk sedemikian hebat. Kecurigaan pun diarahkan ke Gyanendra, satu-satunya anggota kerajaan yang selamat. Semua ini membuat rakyat kehilangan sebagian besar kepercayaan yang mereka miliki terhadap raja sebagai penjelmaan dewa.
Raja Gyanendra berusaha melakukan pengendalian aktif terhadap pemerintahan. Dua kali dalam tiga tahun, ia memecat Perdana Menteri dan kemudian mengangkat pemerintahan yang dipilihnya sendiri. dibentuknya monarki konstitusional pada 1990 yang menempatkan dirinya sebagai raja. Pada April 2006, kaum konstitusionalis mengadakan protes di Kathmandu terhadap pemerintahan Gyanendra. Protes-protes ini mendapat dukungan dari para wartawan, pengacara, dan berbagai kelompok oposisi. Pemerintah kerajaan menanggapinya dengan memberlakukan jam malam yang diberlakukan polisi dengan kekerasan dengan memukuli para demonstran dengan tongkat atau menembak para demonstran. Tanpa mengindahkan larangan pemerintah, kubu oposisi memulai aksi mogok nasional untuk memprotes raja dan menuntut pemulihan demokrasi.
Unjuk rasa menuntut dirinya turun berakhir pada minggu ketiga sejak pertama kali digelar. Dukungan Partai Komunis Nepal terhadap tujuh partai oposisi sepakat menghentikan demonstrasi yang melumpuhkan Kathmandu. Mereka setuju menghidupkan kembali parlemen yang sudah empat tahun mati suri. Girija Prasad Koirala dipilih sebagai Perdana Menteri Nepal.
Pada 10 Juni 2006 parlemen Nepal menghapuskan hak-hak kekuasaan utama raja, termasuk haknya untuk memveto undang-undang. Segala kekuasaan eksekutif, termasuk yang sebelumnya dimiliki raja, kini beralih kepada perdana menteri. Gyanendra menjadi raja sipil di bawah konstitusi sementara.
Pada 23 Agustus 2007 pemerintah transisional Nepal menasionalisasikan seluruh harta benda kerajaan Gyanendra, termasuk Istana Kerajaan. Kemudian pada 24 Desember 2007 diumumkan bahwa kerajaan akan dibubarkan pada tahun 2008 setelah disetujuinya rancangan undang-undang yang mengubah Nepal menjadi republik.
Pada 28 Mei 2008 kerajaan Nepal resmi dibubarkan dan digantikan republik federal .

PEMERINTAHAN

Hingga tahun 2006 Nepal merupakan satu-satunya kerajaan Hindu di dunia. Nepal pertama kali melakukan diplomasi ketika pada tahun 14 Desember tahun 1955. Saat itu Nepal resmi menjadi anggota PBB, untuk Nepal yang hanya negara kecil dan lemah di kawasan Asia Selatan PBB merupakan wadah yang tepat dalam rangka memperbaiki perekonomian negara ini melalui lembaga-lembaga atau program-program yang telah diteteapkan oleh PBB. Dan juga sebagai pembuka akses yang lebih lebar agar terciptanya kerjasama-kerjasama yang mungkin terjadi antara Nepal dengan negara-negara yan lainnya.Pada 28 Mei 2008, Nepal mengganti sistem pemerintahannya dari kerajaan yang sudah bertahan selama 250 tahun menjadi republik sehingga secara resmi nama "Kerajaan Nepal" pun berubah menjadi "Republik Nepal".

HUBUNGAN DIPLOMATIK DENGAN INDONESIA


Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Nepal secara resmi dimulai pada tahun 1960.Pada tahun 1965 Indonesia membuka kantor KBRI di Kathmandu, namun ditutup pada tahun 1967 karena alasan keuangan. Nepal kemudian menjadi wilayah rangkapan KBRI Yangon, Myanmar, dengan pertimbangan azas resiprokal, yaitu perangkapan Indonesia oleh Kedubes Nepal di Yangon. Namun, perangkapan Indonesia kemudian dilakukan oleh Kedubes Nepal di Bangkok. 1 Juni 2004 perangkapan terhadap Nepal dialihkan ke KBRI Dhaka, Bangladesh. Dubes RI-Dhaka, Warmas Hasan Saputra, menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada PM Nepal, Girija PrasadKoirala pada tanggal 27 Desember 2007. Dubes RI yang baru untuk Dhaka merangkap Nepal adalah, Zet Mirzal, terhitung sejak 2009.hingga saat ini belum didirikan KBRI khusus untuk Nepal di Indonesia,hanya ada perwakilan yang berada di KBRI Bangkok Thailand.Sedangkan di Malaysia sudah terdapat KBRI khusus untuk Nepal.

Sekian,terima Kasih

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Nepal
http://malindofm.com/pembantaian-keluarga-raja-nepal#more-2883
http://www.kemlu.go.id/Lists/BilateralCooperation/DispForm.aspx?ID=185&l=en
http://cemenbanget.wordpress.com/2010/10/24/bendera-yang-unik/
http://herlambangnepal.wordpress.com/page/2/
http://www.google.co.id

1 comments:

{ Unknown } at: April 29, 2013 at 10:11 AM said...

apa ka secepat nya ada kedutaan nepal di indonesia karna banyak orga negara nepal kita dapat kan ke sulitan urus visa untuk masok ke wilaya indonesia terima kasih

Post a Comment

 

Design modified by mugimunteng | Basic Design by Dzignine in Collaboration with Trucks, SUV, Kidney Stones